Hazrat Inayat Khan

Hazrat inayat Khan adalah seorang musikus agung dari India yang dilahirkan di Baroda pada tahun 1882. Ia juga seorang sufi yang terkenal dengan ajarannya mengenai kesatuan dan kearifan pada abad ke-20. Ia berasal dari sebuah keluarga musikus terkemuka. Ia meraih reputasi sebagai guru musik pada usia yang masih sangat muda, dan kemudian bekerja untuk membangkitkan minat orang pada warisan spiritual musik India. Inayat Khan mendapatkan pelatihan dan pengajaran dari guru sufi terkenal dalam tarekat Naqsyabandiyah, Kadiriyah dan Suhrawaridiyah. Ia percaya bahwa kearifan tidak hanya dimiliki oleh orang tertentu saja. Semua orang dari manapun dia berasal bisa menjadi orang yang arif/bijaksana. Menurutnya, orang yang arif dan bijaksana dalam segala hal ia adalah seorang sufi, karena sufisme sendiri berarti kearifan.

pictures hazrat inayat khan

Pada tahun 1910, Inayat Khan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat bersama saudara-saudaranya yang juga musikus. Ia mengadakan konser dan memberikan kuliah di sana. Kemudian ia tinggal di London dan mendirikan ‘gerakan sufi’ di kota tersebut. Gerakan itu berusaha menciptakan suatu pengertian yang lebih baik antara Timur dan Barat dan antara berbagai bangsa dan ras di dunia ini. Setelah ia mendirikan gerakan sufi itu dan cukup mendapat sambutan hangat, ia melakukan perjalanan lagi ke Eropa dan Amerika. Perjalanan kali ini diikuti oleh para muridnya yang sangat antusias dengannya. Perkembangan gerakan sufi semakin meningkat dengan didirikannya gerakan serupa di 12 negara. Di negara-negara tersebut, Inayat Khan mendirikan pusat-pusat studi. Dalam setiap perjalanannya ke berbagai negara, Inayat Khan dengan gerakan sufinya selalu mengajarkan kepada setiap orang untuk mengetahui pentingnya arti kesatuan, yang pada gilirannya menghasilkan keharmonisan. Memperjuangkan ide kesatuan itulah yang menjadi tujuan utama dari gerakan sufi yang ia dirikan. Menurutnya, tugas agama adalah mengembangkan jiwa kesatuan dalam pengetahuan tentang Tuhan dan cinta kepadaNya. Karena itu, satu-satunya kajian yang bermanfaat adalah kajian yang menumbuhkan kesadaran akan Tuhan dan akan kesatuan.

Pengikut Inayat Khan tersebar ke seluruh negara dan benua. Mereka terus menerus melanjutkan tasawufnya. Banyak orang masih menghadiri pertemuan sufi dan mempraktekkan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari. Karya-karyanya pun sampai saat ini terus dicetak ulang dan dibaca oleh banyak kalangan. Diantara karya-karyanya adalah buku The Complete Works of Pir-o Mursyid Hazrat Inayat Khan (Karya Lengkap Pir-o Mursyid Hazrat Inayat Khan) dan The Sufi Message of Inayat Khan (Pesan Sufi Inayat Khan). Ia meninggal di Delhi India tahun 1927.

Previous
« Prev Post
Add CommentHide

Back Top